Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Fasilitas

Fasilitas

Kenyamanan dan Fasilitas Kampus

FE UP 45 telah ikut terlibat dalam pembenahan kampus dalam penyediaan jasa pendidikan manajemen yang telah direkayasa kembali seperti tersebut di atas, dengan filosofi yang dirumuskan sebagai berikut:

FE UP 45 berkeyakinan bahwa kampus merupakan tempat untuk melaksanakan tiga hal utama, yaitu:

  1. Mentransfer dan menanamkan ilmu penge­tahuan manajemen dan bisnis kepada generasi manajer masa yang akan datang.
  2. Melaksanakan penelitian dan pengembangan ilmu manajemen dan bisnis.
  3. Melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat bagi masyarakat bisnis dan masyarakat pada umumnya.

Oleh karena itu, FE UP 45 akan menjadikan kampus sebagai tempat yang nyaman untuk:

  1. Mentransfer dan menanamkan ilmu dari dosen kepa­da mahasiswa.
  2. Mengembangkan ilmu pengetahuan manaje-men dan bisnis melalui kegiatan penelitian, kegiatan ilmiah, diskusi ilmiah, dan penerbitan ilmiah.
  3. Proses sosialisasi masyarakat akademik melalui pertemuan formal dan informal, baik yang terjadwal maupun tidak terjadwal.
  4. Penyelenggaraan layanan jasa terkait kompe-tensi kepada masyarakat bisnis dan masyarakat pada umumnya.

Kampus FE UP 45 yang terintegrasi dengan fakultas-fakultas lain terletak di Desa Caturtunggal, Keca-matan Depok, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Kampus terdiri atas tiga lantai gedung kuliah, satu lantai administrasi fakultas, satu lantai ruang Biro Administrasi universitas, satu lantai gedung perpus-takaan, satu lantai ruang laboratorium komputer, serta satu lapangan dan taman.

Fasilitas Ruang Kuliah. Gedung kuliah dirancang untuk class size 80 mahasiswa atau kurang. Class size tersebut memungkinkan dosen dan mahasiswa melakukan interaksi secara intensif selama proses transfer ilmu pengetahu­an dari dosen kepada mahasiswa.

Fasilitas Perpustakaan. Sistem pengajaran yang meletakkan beban belajar sebagian besar di pundak mahasiswa (SCL) memerlukan dukungan perpusta-kaan, yang tidak sekedar sebagai tempat untuk menyimpan koleksi buku, periodicals, dan lain-lain, namun lebih sebagai suatu sistem penyediaan kemudahan bagi mahasiswa dan dosen untuk mendapatkan sumber bahan ajar dan referensi terkini dalam kegiatan belajar-mengajar maupun penelitian. Perpustakaan merupakan penunjang utama pendidikan tinggi yang menggunakan sistem pengajaran SCL. Perpustakaan sebagai suatu sistem menyediakan kemudahan bagi mahasiswa dan dosen dalam memperoleh acuan bahan ajar dan bahan pengembangan ilmu pengetahuan. Perpustakaan merupakan tempat yang nyaman untuk melakukan studi kepustakaan, sehingga dosen dan mahasiswa merasa tenang berada di perpustakaan dalam memanfaatkan sumber acuan ilmu pengetahuan. Sistem perpustakaan dirancang memiliki prosedur updating koleksi, baik berupa buku, periodicals, maupun reference book.  Sejak Tahun Akademik 2012/2013, FE UP 45 telah memiliki dan mengoperasikan mini library di lingkungan fakultas yang didedikasikan bagi maha-siswa tingkat akhir dan dosen untuk mendukung proses updating pengetahuan lebih lanjut. Koleksi mini library ini diperoleh dari hibah maupun bantuan dan sumbangan dari para alumni, lulusan, dosen, dan relasi yang dikelola secara internal oleh pengelola FE UP 45. Dalam perpustakaan mini ini, ma­hasiswa dan dosen dapat masuk ke ruang penyimpanan buku, memilih sendiri buku sesuai dengan kebutuhannya dan belajar di ruang yang sama. Ruang perpustakaan mini ini memanfaatkan satu ruang tempat penyim-panan berkas dan dokumen akademik FE. Di sam-ping itu, ruang perpustakaan mini ini terintegrasi dengan ruang administrasi dan ruang dosen.

Fasilitas Ruang Administrasi. Ruang Administrasi telah di­rancang secara terpadu di tingkat univer-sitas untuk memberikan model manajemen pendi­dikan terpadu yang dapat dipakai sebagai acuan bagi lulusan program pendidikan manajemen FE UP 45. Ruang Biro Administrasi ditempatkan di lantai satu guna memudahkan layanan kepada seluruh sivitas akademika maupun pihak luar yang berke-pentingan, baik yang berkaitan dengan adminitrasi akademik dan non akademik. Ruang Biro Adminis-trasi diharapkan pula untuk memberikan model office manage­ment yang dapat diacu oleh mahasiswa selama mereka menjalani masa studi di FE UP 45. Layanan administrasi akademik di tingkat fakultas dilaksanakan oleh sebuah sekretariat yang dipimpin oleh Ketua Program Studi (Kaprodi) Manajemen.

Fasilitas Kegiatan Kemahasiswaan. FE UP 45 merupakan lembaga pendidikan tinggi yang bertanggung jawab dalam mengembangkan proses sosialisasi masyarakat akademik di dalam kam­pus. Untuk menunjang proses belajar mengajar yang bermutu diperlukan pengembangan proses sosiali-sasi akademik di dalam kampus. Komitmen FE UP 45 terhadap pentingnya proses sosialisasi masya-rakat akademik di kampus diwujudkan dengan menyediakan fasilitas dan kegiatan kemahasiswaan bagi mahasiswa yaitu unit-unit kegiatan kemahasis-waan (UKM) yang memungkinkan mahasiswa ber-interaksi di antara mereka, sebagai berikut:

  1. BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa) sebagai wadah organisasi mahasiswa di tingkat univer-sitas dan fakultas.
  2. DPM (Dewan Perwakilan Mahasiswa) yaitu lembaga perwakilan mahasiswa yang bertugas sebagai penyeimbang dan pengawas BEM.
  3. HMJM (Himpunan Mahasiswa Jurusan Mana-jemen) merupakan wadah kegiatan organisasi dan ilmiah bagi mahasiswa program studi manajemen. Melalui wadah HMJM ini, maha-siswa manajemen akan berlatih berorganisasi, berinteraksi sosial, sekaligus mengembangkan kemampuan penalaran mereka di bidang manajemen dan bisnis.
  4. GALAKSI yaitu himpunan mahasiswa pecinta alam UP 45 yang memiliki kegiatan bidang minat khusus yaitu kepecintaalaman. Melalui unit kegiatan ini, mahasiswa akan menya-lurkan minat mereka terhadap perlindungan alam dan lingkungan, berlatih organisasi dan koordinasi, serta berlatih hidup dan menyatu dengan alam lingkungannya. Melalui unit ini pula, mahasiswa akan mengasah kepedulian mereka terhadap lingkungan sekitar, tolong menolong, dan peduli terhadap sesama, serta integritas pribadinya.
  5. UKMI (Unit Kerohanian Mahasiswa Islam) yang menjadi wadah kegiatan mahasiswa Islam di lingkungan UP 45. Dalam wadah ini, mahasiswa berlatih berorganisasi sekaligus memantapkan akidah dan keimanan mereka melalui kegiatan-kegiatan kerohanian Islam.
  6. Kelompok Paduan Suara merupakan unit kegiatan mahasiswa untuk menyalurkan hobi dan kemampuan olah vokal serta seni menyanyi dalam kelompok bagi mahasiswa UP 45. Melalui unit ini pula, mahasiswa berlatih berorganisasi, disiplin latihan, dan mengasah kemampuan teknis menyanyi.
  7. Unit kegiatan olah raga merupakan fasilitas dalam bentuk unit beserta sarana kegiatan olah raga bagi mahasiswa UP 45. Jenis olah raga yang banyak diminati adalah futsal, sepak bola, bola volley, dan senam kesegaran jasmani. Unit kegiatan ini diperuntukkan bagi mahasiswa untuk menyalurkan hobi dan minat mereka di bidang olah raga. Selain untuk menjaga kesegaran badan yang selalu dibu-tuhkan dalam proses belajar, mahasiswa juga dapat berlatih berorganisasi, disiplin waktu dalam berlatih, sosialisasi dengan mahasiswa lain, berlatih teamwork dalam pertandingan, dan jiwa sportivitas.
  8. English Club merupakan unit kegiatan bagi mahasiswa untuk mengasah kemampuan dan ketrampilan penggunaan bahasa Inggris dalam berkomunikasi langsung dan membaca buku teks maupun referensi berbahasa Inggris. Persaingan global membutuhkan sumber daya manusia yang memiliki kemampuan bahasa Inggris, baik dalam membaca, menulis, mau-pun berbicara atau sering disebut dengan kemampuan berbahasa Inggris aktif dan pasif.

Koperasi Mahasiswa (Kopma) merupakan UKM yang disediakan sebagai wadah melaku-kan kegiatan kemahasiswaan sekaligus sarana untuk latihan atau praktik bisnis secara riil di lingkungan kampus